Regulasi dan Proses Ekspor yang Perlu Dipahami oleh Eksportir Pemula

 

Apakah anda sempat terlintas di pikiran bahwa setiap perlengkapan sehari-hari yang anda gunakan seperti sendok, pensil, piring, dan perlengkapan sehari-hari lainnya dari mana mereka berasal. Saya pernah sesekali mengecek beberapa perlengkapan keseharian yang ada di rumah. Dan yang membuat saya terkejut banyak diantaranya berasal dari luar negeri.

Nah bukankah yang saya tahu, proses impor di negara Indonesia lebih susah bila dibandingkan dengan ekspor. Tentu saja, pengusaha memandang ekspor menjadi nilai keuntungan tersendiri. Banyak diantraanya aturan atau regulasi yang telah diatur pemerintah untuk mendukung warga negaranya melakukan ekspor. Regulasi berikut ini telah diatur pemerintah sebagai landasan hukum, antara lain.

  • Ketentuan Bidang Ekspor, PMK no 145/ PMK. 04/ 2007
  • UU tentang Kepabeanan, UU No 17 tahun 2006
  • Tata Laksana Kepabeanan Ekspor, Peraturan Dirjen Bea Cukai 2008 no P- 40

Nah, untuk anda yang memutuskan ingin mengekspor barang dan kirim paket ke Taiwan atau negara lain negeri, anda lebih baik mengkaji regulasinya terlebih dulu. Eits, anda tidak perlu khawatir, persyaratan untuk melakukan ekspor tidak ribet kok. Hanya sajaa, untuk anda eksportir pemula dan pertama kali melakukan ekspor, anda nantinya akan menemukan hambatan di pengurusan. Namun anda akan terbiasa sendiri seiring berjalannya waktu.

Proses melakukan ekspor

Setelah anda mengkaji dengan cermat regulasi pemerintah tentang ekspor barang ke luar negeri. Anda sebagai orang yang akan melakukan ekspor barang harus cermat dalam memilih jasa ekspedisi pengiriman barang yang terpercaya. Memilih jasa pengirim yang memiliki reputasi baik, sangat bermanfaat terhadap barang anda sehingga bisa sampai di negara tujuan dengan aman dan kondisi yang tidak rusak.

Anda tidak perlu ragu untuk memilih jasa eksportir Kilo.id. Saya merekomendasikan anda untuk menggunakan kilo.id karena jasa ekspedisi tersebut telah terbukti memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumennya.

Barang yang anda kirim ke luar negeri akan selamat ke negara tujuan dengan kondisi yang bagus seperti saat berada di Indonesia. Ditambah lagi biaya yang anda keluarkan ramah di kantong karena biayanya cukup terjangkau. Alurnya yang mudah dan prosesnya cepat, anda tidak perlu ribet lagi dengan mengurus barang anda.