Ini Manfaat Buah Nanas Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Selain memiliki rasa yang enak, manfaat buah nanas lainnya bisa kamu dapatkan jika rutin dikonsumsi, lho!

Nanas menjadi salah satu buah yang populer karena rasanya sangat lezat dan menyehatkan tubuh. Nanas dikenal sebagai buah yang mewah dan eksotis dan bisa dinikmati dalam bentuk padat maupun jus.

Dilansir Medical News Today, nanas di Amerika Tengah dan Selatan tidak hanya dihargai karena rasanya yang manis, namun juga telah digunakan berabad-abat untuk pengobatan. Buah nanas ini digunakan untuk membantu mengobati masalah pencernaan dan peradangan.

Baca juga: Cara Membuat Wajah Glowing Sehat dengan Bahan Alami

Manfaat buah nanas
Nanas dikatakan berasal dari Amerika Selatan dan kaya dengan nutrisi serta antioksidan yang dapat melawan peradangan. Rutin mengonsumsi buah nanas akan sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Buah yang dikenal juga sebagai Ananas comosus ini memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk pertumbuhan rambut, kulit, dan tulang. Nah, beberapa khasiat nanas untuk kesehatan lainnya yang perlu diketahui adalah berikut ini:

Kandungan antioksidan
Tidak hanya kaya akan nutrisi, nanas juga sarat dengan antioksidan sehat. Antioksidan sendiri merupakan molekul yang dapat membantu tubuh dalam melawan stres oksidatif. Stres oksidatif adalah keadaan di mana ada terlalu banyak radikal bebas di dalam tubuh.

Radikal bebas biasanya berinteraksi dengan sel-sel tubuh sehingga menyebabkan kerusakan yang terkait peradangan kronis, sistem kekebalan yang melemah, dan penyakit berbahaya.

Nanas sangat kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid dan asam fenolik dimana akan membantu memerangi penyakit.

Mengatasi masalah pencernaan
Nanas mengandung sekelompok enzim perncernaan yang dikenal sebagai bromelain. Enzim ini berfungsi sebagai protease yang akan memecah molekul protein menjadi asam amino dan peptida.

Setelah molekul protein dipecah, hal ini akan memudahkan usus kecil untuk menyerapnya. Karena itu, orang-orang dengan masalah pada pankreas menjadi sangat terbantu.

Masalah kesehatan ini biasanya dikarenakan pankreas tidak dapat membuat enzim pencernaan yang cukup.

Mengurangi risiko kanker
Kanker merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel tidak terkendali. Perkembangan sel ini umumnya terkait dengan stres oksidatif dan peradangan kronis. Karena itu, nanas dan senyawanya dipercaya mampu membantu mengurangi risiko kanker.

Salah satu senyawa dalam nanas termasuk ke dalam kelompok enzim pencernaan yang disebut dengan bromelain. Sebuah studi menunjukkan bahwa bromelain ini dapat membantu melawan kanker.

Tak hanya itu, khasiat nanas untuk kesehatan dari kandungan bromelainnya ini juga diketahui dapat menekan kanker pada kulit, saluran empedu, lambung, dan usus besar.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Nanas dapat meningkatkan kekebalan dan mencegah peradangan karena mengandung berbagai macam vitamin, mineral, dan enzim seperti bromelain. Dalam sebuah studi, nanas diberikan kepada anak-anak untuk melihat efek untuk sistem kekebalan tubuhnya.

Hasilnya, anak-anak yang makan nanas memiliki risiko rendah untuk terkena infeksi virus dan bakteri.

Beberapa anak lain yang makan nanas lebih banyak bahkan memiliki hampir empat kali lipat sel darah putih atau granulosit untuk melawan penyakit. Diyakini, sifat anti inflamasi dalam nanas dapat membantu sistem kekebalan tubuh.

Mampu meringankan gejala arthritis
Arthritis atau peradangan pada sendi merupakan salah penyakit yang mudah menyerang orang dewasa. Nah, kandungan bromelain dalam buah nanas dengan sifat anti inflamasinya ini dipercaya bisa membantu meredakan rasa sakit akibat peradangan pada sendi.

Satu studi menunjukkan bahwa mengambil suplemen enzim pencernaan yang mengandung bromelain dapat membantu meringankan rasa sakit pada sendi.

Karena itu, dapat disimpulkan jika bromelain memiliki potensi untuk meredakan gejala radang sendi jangka pendek. Namun, untuk pengobatan jangka panjang masih perlu penelitian lebih lanjut.

Baca juga: Padat Gizi, Ini 11 Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan

Mempercepat pemulihan setelah operasi
Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa bromelain dapat membantu mengurangi peradangan, pembengkakan, memar, dan rasa sakit setelah operasi. Perlu diketahui, manfaat buah nanas memberikan jumlah yang sama dengan obat antiinflamasi biasa.

Selain operasi, olahraga berat yang dapat merusak jaringan otot dan menyebabkan peradangan bisa dipulihkan dengan bromelain.

Khasiat nanas untuk kesehatan karena adanya kandungan bromelain juga diyakini mampu mempercepat pemulihan pada kerusakan akibat olahraga berat dengan mengurangi peradangan di sekitar jaringan otot yang rusak.

Kandungan nanas
Nanas memang termasuk buah rendah kalori namun memiliki kandungan nutrisi tinggi. Dalam satu cangkir nanas atau sekitar 165 gram, terkandung eighty two,5 kalori, 1,7 gram lemak, 1 gram protein, 21,6 karbohidrat, dan 2,three gram serat.

Tak hanya itu, nanas juga mengandung beberapa nutrisi lain, seperti vitamin C, mangan, vitamin B6, tembaga, folat, kalium, magnesium, besi, vitamin A, fosfor, seng, dan kalsium.

Berbagai nutrisi ini, terutama vitamin C dan mangan umumnya memberikan masing-masing 131% dan 76% dari rekomendasi harian.

Vitamin C memang sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan, sistem kekebalan tubuh, dan membantu penyerapan zat besi dari makanan.

Sementara mangan merupakan mineral alami yang membantu pertumbuhan, mempertahankan metabolisme tubuh, dan memiliki sifat antioksidan.

Manfaat ibu hamil makan nanas
Khasiat nanas untuk kesehatan bagi ibu hamil bisa didapatkan, jika dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Beberapa manfaat ibu hamil makan nanas, antara lain:

Bantu pertumbuhan tulang bayi
Ibu hamil makan nanas bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan sel karena buah ini menyediakan 80 hingga eighty five mg vitamin C.

Vitamin yang terkandung pada air nanas juga bisa membantu produksi kolagen serta protein struktural yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan kulit, tendon, dan tulang rawan bayi.

Mengatur fungsi sistem saraf
Perlu diketahui, air nanas yang dikonsumsi ibu hamil mengandung vitamin B1 atau tiamin. Nah, vitamin inilah yang berperan penting dalam membantu mengatur fungsi jantung dan sistem saraf.

Tingkatkan produksi sel darah merah
Vitamin B6 yang terkandung dalam air nanas dapat meningkatkan produksi sel darah merah sehingga mencegah ibu hamil menderita anemia. Vitamin inilah yang juga berperan penting untuk menghasilkan antibodi dan meredakan mual di pagi hari.

Selain itu, tembaga dalam nanas juga diperlukan selama pembentukan jantung bayi. Mengonsumsi nanas secara rutin bisa membantu produksi sel darah merah, termasuk pada bayi dalam kandungan.

Meski memiliki beragam manfaat, konsumsi nanas pada ibu hamil juga perlu dibatasi karena bisa menyebabkan efek samping. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi, yakni refluks asam, keguguran atau persalinan prematur, hingga meningkatkan kadar gula darah.

Pada trimester pertama, ibu hamil harus menghindari konsumsi nanas. Nah, selama trimester kedua kamu bisa mengonsumsi sekitar 50 hingga a hundred gram nanas dalam seminggu. Sementara itu, untuk trimester ketiga bisa mengonsumsi sekitar 250 gram nanas dalam sehari.

Jangan ragu untuk konsultasikan masalah kesehatanmu bersama dokter terpercaya di Good Doctor. Akses layanannya 24/7 melalui aplikasi Grab Health. Kini, semua informasi kesehatan ada di genggamanmu!