Ini Cara Promosi Di Instagram Gratis

Sebagai salah satu media sosial cukup terkenal, Instagram menjadi tempat yang tepat untuk orang dalam membagikan banyak hal termasuk berpromosi. Promosi Instagram sendiri dapat dilakukan dengan cara memasang iklan Instagram berbayar, endorse / kerjasama dengan akun dengan yang memiliki banyak followers, dan bahkan promosi gratisan. Bagi yang mau tahu bagaimana cara promosi di Instagram secara gratis maka dapat mengikuti langkah-langkah dibawah.

Cara Promosi Di Instagram

  1. Posting Secara Rutin

Orang-orang membuka Instagram untuk melihat konten baru / fresh setiap harinya. Sehingga sangat penting untuk memastikan supaya dapat mengupdate konten secara rutin. Hal Ini dapat dijadwalkan terlebih dahulu misalnya dengan memposting berapa konten yang akan diunggah setiap harinya dengan tema yang berbeda. Akun yang update konten secara rutin tentunya akan lebih disukai oleh pengguna Instagram. Selain itu, anda juga butuh untuk tetap interaktif dengan cara menjawab sebagian komentar atau pertanyaan.

Dalam hal promosi di Instagram, postinganya harus sangat menarik. Mulai dari foto yang dipakai beserta caption. Foto produk yang diunggah juga harus berkualitas dan dapat menarik orang yang melihatnya. Begitu pula dengan video, penting juga secara berkala mengunggah video yang masih berkaitan dengan produk yang ingin dijual atau informasi menarik yang diperlukan followers.

  1. Memperhatikan Tampilan Akun Secara Umum

Identitas yang unik dan berbeda dari lainnya membuat mudah diri anda untuk lebih dikenal oleh orang lain. Ini tidak hanya sekadar menuliskan bio serta nomor kontak dengan jelas tetapi juga menerapkan tema tertentu di keseluruhan akun. Pada setiap postingan, seperti foto sebaiknya untuk menonjolkan desain tertentu, contohnya dengan memberikan frame khusus dan mencantumkan nama akun. Filter yang sama juga dapat membantu untuk  tampak konsisten.

Terdapat berbagai desain unik yang dapat diubah dari beberapa akun produk populer. Metode promosi di akun Instagram yang satu ini memerlukan kreativitas dan harus melakukan editing dulu pada setiap postingan yang diupload.

  1. Menggunakan Tagar Yang Tepat

Selain oleh pengikut, postingan di Instagram dapat dilihat oleh orang lain lewat pencarian tagar (hashtag). Teknik promosi di Instagram secara gratis juga bisa dikerjakan dengan menambahkan tagar yang sesuai. Tagar tersebut perlu disamakan atau relevan dengan apa yang ingin diposting. Selain itu butuh untuk menambahkan tagar khusus sekaligus unik yang menjadi ciri khas akun Anda. Ini dapat berupa jargon atau berhubungan dengan nama produk dan akun yang nantinya akan di promosikan di Instagram.

Sebelum memberikan tagar, sebuah postingan juga memerlukan caption yang menarik. Caption ini harus informatif dan dapat membuat orang yang melihatnya terangsang untuk berkomentar positif. Pemberian tagar yang tidak sesuai / relevan dan informasi yang kurang lengkap dapat membuat gambaran akun tersebut menjadi tidak profesional sehingga perlu dihindari.

  1. Menggunakan Aplikasi Pendukung

Saat ini sudah banyak aplikasi mobile yang dipakai untuk mendukung aktivitas promosi di Instagram. Aplikasi ini cukup mudah di-download secara gratis serta dapat langsung digunakan. Beberapa jenis aplikasi yang dapat digunakan untuk promosi Instagram secara gratis, antara lain:

  • Penambah Followers

Aplikasi untuk menambah followers gratis sudah banyak tersedia di dunia maya. Akan tetapi hal ini kadang kurang efektif sebab followers bisa saja berasal dari orang yang bukan merupakan  target dari produk tersebut. Sebaiknya untuk berhati-hati apabila ingin memakai jenis aplikasi ini.

  • Desain Foto Atau Video

Ketika akan mengunggah sebuah foto maka butuh melakukan editing misalnya dengan memberikan teks atau frame. Hal Ini dapat dilakukan dengan mudah memakai beberapa aplikasi desain foto gratisan. Sejak awal lebih baik sudah merancang tema desain tertentu yang sesuai dengan image usaha/produk yang dijual.

  • Jadwal Posting

Saat ini sudah tersedia juga aplikasi yang dapat membantu untuk menyeting jadwal untuk posting di media sosial seperti Instagram. Munculnya aplikasi ini bisa membantu untuk dapat merancang postingan dan memposting tepat waktu.

  • Analytics

Fitur hashtag memberikan kemudian seseorang meriset jenis hashtag yang paling banyak dicari. Dengan menggunakan bantuan instagram analytics anda dapat menentukan mana hashtag yang paling relevan dengan produk anda sekaligus hashtag mana yang paling banyak dicari.