Muncul jerawat pada wajah memang suatu hal yang menyebalkan, apalagi kalau munculnya di tempat yang sama. Kalaupun sudah hilang, nggak jarang keesokan harinya muncul lagi. Jerawat membuat kita kadang tidak nyaman, kesal, bahkan juga insecure sebab menganggu penampilan kita. Tanpa disadari, ada beberapa alasan penyebab jerawat terus muncul pada wajah. Apa saja? Simak artikel di bawah ini yuk!

1. Memencet jerawat
Proactiv Kalau kamu sedang tumbuh jerawat, jangan sampai mencoba menghilangkannya dengan cara memencet jerawat apalagi menggunakan tangan yang kotor. Sebab saat jerawat di pencet atau ditekan, sumbatan pori-pori kulit akan masuk lebih dalam, hal ini membuat proses penyembuhan semakin lama bahkan bisa meninggalkan bekas jerawat yang memerah ataupun menghitam.

Bukan hanya meninggalkan bekas, kemungkinan besar jerawat akan muncul terus di space yang sama. Jadi untuk mengatasinya, gunakan obat khusus jerawat dari dokter atau memang yang cocok dengan kamu. Jangan sesekali menyentuh jerawat ya!

2. Menggunakan skincare yang salah
Miros.com Beragam produk skincare dari luar ataupun dalam negeri membuat kita sebagai perempuan selalu ingin mencobanya sebab tingkat penasaran yang tinggi. Padahal, kamu perlu hati-hati, belum tentu semua skincare yang kamu coba cocok dengan kulit wajah.

Tanda-tanda kalau kamu tidak cocok dengan skincare, kamu akan merasakan rasa panas dan gatal pada wajah jika mencobanya pertama kali.

Jadi usahakan, kalau kamu sudah mencoba lalu nggak cocok, langsung berhenti ya, karena masalah seperti ini akhirnya bukan merawat kulit, malah menimbulkan jerawat yang terus muncul. Pastikan skincare yang kamu gunakan sesuai dengan jenis kulit ya, Bela!

three. Terlalu banyak konsumsi makanan manis
medicalnewatoday.com Salah satu alasan jerawat terus muncul yaitu kamu terlalu banyak konsumsi makanan manis. Selain itu, kurangi konsumsi olahan dari produk susu, sebab hal itu diduga berpengaruh juga terhadap munculnya jerawat. Coba untuk terapkan makanan yang sehat untuk dikonsumsi secara rutin agar terhindar dair jerawat dan masalah kulit lainnya adalah kacang dan ikan laut.

4. Menggunakan makeup yang tidak cocok
NewsThinking Produk kosmetik yang tidak cocok menjadi salah satu munculnya jerawat apalagi kosmetik berjenis comedogenik yang menyebabkan penyumbatan pori-pori dan penumpukan komedo di tempat yang sudah sering berjerawat. Hal inilah yang menjadi alasan jerawat terus muncul.

Sebaiknya, kalau kamu sudah menggunakan produk make-up pada hari pertama dan langsung muncul jerawat lebih baik berhenti. Pilih produk make-up yang khusus untuk oily dan acne inclined pores and skin yang tidak akan menyumbat pori-pori kamu ya!

5. Tingkat stres yang tinggi
Health Essentials Biasanya kalau jerawat muncul terus-terusan pada area pipi itu bisa disebabkan karena tingkat stres yang tinggi. Sebenarnya, stres tidak menyebabkan jerawat secara langsung, tapi pemicu perubahan hormon yang dapat memperparah jerawat seseorang.

Kamu bisa hindari stres dengan perlu istirahat yang cukup, rutin olahraga, pola makan sehat dan melakukan hobi positif.

6. Alergi makanan
The Dailymeal Kalau kamu sering muncul jerawat tetapi sudah menggunakan obat dan krim dokter pun tidak membantu menyembuhkannya, hal ini bisa terjadi karena kamu memiliki alergi makanan. Coba untuk mengetes alergi kamu melalui sampel darah dengan pergi ke dokter.

Jika kamu sudah mengetahui alergi makanan, maka kamu bisa mengurangi munculnya jerawat secara terus menerus. Kamu harus lebih peka dan memerhatikan wajah, setiap kali kamu mencoba makanan yang baru. Kalau tiba-tiba muncul jerawat, kamu harus berhenti menggunakan dan mengonsumsi hal tersebut.

7. Terlalu sering mencuci muka
The List Wajah yang kotor atau sering berminyak seringkali dianggap sebagai pemicu jerawat muncul. Padahal, terlalu sering mencuci muka juga bukan ide yang baik, karena dapat mengurangi minyak alami wajah dan mendorong kulit untuk memproduksi minyak lebih banyak lagi.

Disarankan, kamu mencuci muka sehari dua kali menggunakan air hangat atau air bersih, dan sabun pembersih muka yang memang cocok dengan jenis kulit kamu. Cuci wajah dengan tangan yang bersih secara lembut. Hindari handuk yang kasar untuk menyeka wajah.