Manchester United akan bertemu dengan lawan klasiknya, Leeds United, pada pekan ke-14 Liga inggris. Seperti duel antarlini kedua tim?

Pertandingan live streaming Manchester United vs Leeds EPL pada Minggu (20/12/20) pukul 23:30 WIB di pekan keempat belas Liga Inggris ini, MU wajib menang untuk masuk ke empat besar.

MU yang kini berada di peringkat 6 punya alasan khusus untuk mengalahkan Leeds yakni membidik tempat di 4 besar. Pasalnya, 3 tim yang ada di atas mereka menghadapi laga sulit, dengan Southampton menjamu Man City sedangkan Tottenham bertemu Leicester.

Dengan demikian, raihan 3 poin akan membawa MU naik tingkat jika rival-rival mereka gagal meraih poin maksimal. Meski demikian, Leeds sendiri bukanlah lawan yang mudah.

Meski berstatus tim promosi, anak asuh Marcelo Bielsa tak takut bermain ofensif dan kini telah mengoleksi 22 gol, sama seperti jumlah gol MU.

Upaya MU makin sulit mengingat mereka kerap tampil buruk di kandang musim ini. Dari 6 laga di Old Trafford di Liga Inggris, Setan Merah hanya meraih 1 kemenangan atas WBA, serta mengalami 3 kekalahan dan 2 kali seri.

Manchester United pun wajib tampil sempurna saat menjamu Leeds, jika ingin kembali ke jajaran 4 besar. Untuk menambah keseruan, Berikut ini kami ulas duel antarlini kedua tim.

FORMASIĀ 

  • Manchester United (4-3-1-2)
  • Leeds United (4-1-4-1)

Kiper

Untuk pos penjaga gawang kedua tim bisa menurunkan pemain terbaik mereka. Kubu tuan rumah, Manchester United, masih akan mengandalkan David de Gea di bawah mistar gawang.

Awal musim 2020-2021 bukanlah musim terbaik De Gea bersama Manchester United. Sejauh ini, kiper asal Spanyol itu sudah kebobolan 16 gol dari 10 pertandingan di Liga Inggris. De Gea baru mencatatkan tiga clean sheet dari 10 laga.

Sementara itu, Leeds pada laga ini masih akan mengandalkan kiper belia mereka, Illan Meslier. Musim ini Meslier ini mencatatkan satu clean sheet lebih banyak dari De Gea. Walau begitu, ia sudah kebobolan 24 laga.

Bek

Pada pos belakang, kedua tim sama-sama memainkan skema empat bek. Manchester United diprediksi bakal memainkan Shaw (kiri), Maguire (tengah), Lindelof (tengah), dan Wan-Bissaka (kanan).

Sementara Leeds United bakal memainkan Alioski di kiri, duet Cooper dan Ayling di tengah, serta Dallas di kanan. Secara statistik pertahanan Leeds United sampai pekan ke-13 ini lebih buruk dari Man United.

Leeds UnitedĀ sudah kebobolan 24 gol berbanding 19 gol yang sudah bersarang ke gawang Man United. Pada laga ini skuad asuhan Bielsa tak bisa memainkan Robin Kooch yang harus menepi karena cedera.

Tengah

Pertarungan menarik akan tersaji di lini tengah. Manchester United kali ini diyakini bakal menempatkan tiga gelandang sejajar sekaligus yang diisi oleh McTominay, Fred, dan Pogba.

Ketiga pemain berkarakter kuat itu akan menyokong Bruno Fernandes yang seperti biasa akan memainkan peran sebagai gelandang serang. Man United sangat bertumpu pada kemampuan Bruno dalam memberikan kreativitas di lini tengah MU.

Sementara itu, di kubu Leeds United, Pelatih Marcelo Bielsa bakal menempatkan Philips di posisi gelandang bertahan. Ia akan menjembatani bola dari pertahanan ke lini tengah yang dikawal oleh Harrison (kiri), Klich (tengah, Rodrigo (tengah), dan Raphinha (kanan). Lini tengah Leeds juga terbilang cukup kratif musim ini dengan catatan tembakan yang tinggi.

Depan

Di lini depan, tuan rumah Manchester United akan menduetkan Marcus Rashford dan Anthony Martial. Rashford sendiri cukup subur musim ini dengan telah membuat lima gol untuk MU. Sayang, hal itu tidak bisa diimbangi oleh Martial yang musim ini baru mencetak satu gol di Liga Inggris.

Sedangkan di kubu tim tamu, nama Patrick Bramford akan menjadi penyerang tunggal di lini depan Leeds United. Pemain berusia 27 tahun ini tampil sensasional di Liga Inggris musim ini dengan telah mencetak sembilan gol dan satu assist dari 13 laga.