Bagaimana Cara Menghitung Kalori Harian Tubuh?

Kebutuhan kalori harian tentu harus dipenuhi oleh setiap orang. Untuk menghitung kalori harus diketahui berdasarkan beberapa hal. Kalori adalah pengukur energi dalam asupan makanan dan minuman yang anda konsumsi. Terlebih untuk Anda yang sedang diet, maka sangat penting untuk mengetahui asupan kalori yang masuk dan juga yang harus terbuang untuk menstabilkan berat badan.

Menghitung Kebutuhan Kalori Harian

Sebelum menghitung kebutuhan kalori harian maka anda harus tahu dulu ada beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan kalori. Mulai dari jenis kelamin, usia, tinggi badan, berat badan, aktivitas metabolisme tubuh dan apakah wanita hamil atau menyusui.

Untuk wanita biasanya membutuhkan 2000 kalori sedangkan pria membutuhkan 2500 kalori per hari. Berikut cara menghitung kalori untuk pria dan wanita.

  • Pria : (88,4 + 13,4x berat dalam kilogram) + (4,8 x tinggi dalam centimeter) -(5,68 x usia dalam tahun).
  • Wanita : (447,6 + 9,25 x berat dalam kilogram) + (3,10 x tinggi dalam centimeter) – (4,33 x usia dalam tahun).

Cara Membatasi Asupan Kalori Harian Agar Tidak Berlebihan

Anda perlu tahu juga Bagaimana cara membatasi kalori yang masuk agar ketika diet kalori yang terbakar lebih banyak.

  • Konsumsi makanan rendah kalori, kalori dari lemak 2 kali lebih banyak dibanding kalori protein dan karbohidrat. Maka dari itu, anda wajib menghindari makanan yang berlemak. Misalnya dengan makan makanan yang tidak digoreng. Anda bisa pilih kentang yang direbus untuk memenuhi asupan serat.
  • Makan lebih sedikit, Anda juga wajib mengurangi porsi makan jika ingin membatasi jumlah kalori. Namun bagi yang mudah sekali lapar, maka bisa menetapkan porsi makan normal dan diimbangi dengan olahraga untuk membakar kalori lebih banyak.
  • Olahraga, paling penting mengurangi kalori berlebihan di tubuh dengan olahraga. Karena jika sehari saja Anda bisa mengurangi 250 kalori maka dalam seminggu Anda bisa membakar 3500 kalori. Caranya tentu saja dengan olahraga ringan selama 60 menit.

Kini tentu anda sudah tahu cara menghitung kalori harian paling mudah untuk pria dan wanita. Pada informasi di atas Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips agar bisa mengurangi kalori berlebih di tubuh.