Tips Mengatasi Masalah Kulit Saat Memakai Face Mask

Memakai masker secara terus-menerus saat melakukan aktivitas di luar rumah menjadikan kulit wajah yang tertutup oleh masker mengalami berbagai macam masalah kulit seperti iritasi, gatal dan bahkan jerawat. Hal ini termasuk wajar terjadi saat diwajibkan untuk memakai masker oleh pemerintah. Meskipun wajah yang tertutup face mask mengalami iritasi, namun bukan berarti tidak lagi mematuhi peraturan dari pemerintah.

Karena peraturan tersebut dilakukan demi menjaga keselamatan masyarakat agar terhindar dari virus corona. Oleh karena itu anda tidak perlu khawatir lagi, karena ada beberapa tips untuk mengatasi masalah iritasi pada wajah anda. Tipsnya adalah:

1. Mencuci Wajah Menggunakan Facial Wash

Saat kembali ke rumah danĀ  telah melepas face mask maka hal yang pertama dilakukan adalah mencuci tangan dengan sabun kemudian mencuci wajah menggunakan facial wash yang anda miliki. Ini merupakan salah satu cara untuk mengatasi wajah anda mengalami iritasi akibat pemakaian masker pada jangka waktu yang relatif lama.

Mencuci wajah sangat disarankan agar kotoran yang menempel pada wajah dapat terangkat menggunakan facial wash. Ketika kotoran sudah terangkat maka tidak akan terjadi iritasi pada wajah anda. Namun pemakaian facial wash disarankan untuk memakai maksimal hanya 2 kali dalam sehari.

2. Memakai Pelembab

Memakai pelembab terlebih dahulu sebelum memakai face mask sangat disarankan. Hal tersebut karena pelembab dapat menjadikan kulit wajah lebih lembab dan tidak kering, sehingga tidak mudah untuk terluka atau tergores karena gesekan oleh masker yang akan dipakai.

Jangan melupakan untuk memakai pelembab supaya kulit wajah nantinya tidak mengalami masalah yang dapat mengiritasi kulit. Dalam memilih pelembab, pastika sudah anda sesuaikan dengan tipe kulit wajah anda, sehingga pelembab tersebut tidak akan membuat wajah anda kelebihan minyak.

3. Sering Mengganti Face Mask

Sering mengganti masker merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit wajah. Apabila sudah melakukan berbagai macam perawatan untuk mengatasi iritasi pada wajah, namun jarang mengganti masker dan tetap memakai masker yang sama dengan jangka waktu yang relatif lama. Maka dapat dipastikan iritasi pada kulit wajah sulit untuk hilang dan dapat menjadi semakin parah.

Sering mengganti masker juga merupakan salah satu cara agar terhindar dari virus corona. Oleh karena itu jangan malas untuk mengganti masker dengan yang baru atau yang bersih setelah dicuci. Ada baiknya apabila anda dapatĀ  mengganti masker setelah 4 jam pemakaian.

4. Mengaplikasikan Salep

Cara yang ampuh berikutnya adalah dengan mengaplikasikan salep untuk mengatasi iritasi pada kulit wajah anda. Salep yang digunakan tergantung dengan iritasi apa yang sedang anda derita. Misalnya iritasi yang dialami adalah munculnya jerawat, maka perlu untuk menggunakan salep untuk jerawat. Pastikan sebelum memakai salep keadaan wajah sudah bersih dari kotoran.

Pemakaian salep yang baik adalah sebelum tidur dan dilakukan secara rutin dapat dengan mudah untuk menghilangkan iritasi yang disebabkan oleh pemakaian face mask. Anda juga dapat menanyakan kepada apoteker untuk mengetahui salep apa yang disarankan untuk masalah kulit anda.

Mengatasi masalah wajah yang diakibatkan oleh pemakaian face mask dapat maksimal apabila dilakukan secara rutin. Meskipun begitu anda harus tetap melakukan peraturan pemerintah dalam mencegah virus corona dengan cara memakai masker dan melakukan jaga jarak dengan orang lain. Dapatkan masker wajah terbaik yang bisa melindungi Anda saat pandemi secara online melalui toko custom.my. Selain harganya terjangkau toko ini juga menjual masker dengan berbagai motif keren dan fashionable.