Rasakan Kenikmatan Olahan Seafood Terpopuler dan Kenali Kesalahan Mengolahnya Berikut Ini!

 

 

Berbicara mengenai kuliner khas Indonesia tentu cukup beragam sekali, bahkan satu daerah dengan lainnya mempunyai ciri khas yang berbeda. Yang sering dikangeni dari Indonesia yaitu makanan, dimana banyak bumbu yang digunakan sehingga memiliki rasa yang susah dilupakan. Seperti jenis olahan seafood, meskipun bukan ciri khas daerah tertentu namun kepopulerannya tidak bisa disepelekan. Ada olahan dari kepiting, udang, kerang, ikan-ikanan, sampai dengan lobster yang dikenal cukup mahal. Sudahkah Anda merasakan olahan seafood dengan bumbu rempah Indonesia pilihan yang begitu nikmat?

Olahan Seafood Nikmat

Sebenarnya ada banyak jenis olahan seafood yang bisa Anda jadikan sebagai menu andalan, namun ada beberapa yang mempunyai tingkat kepopuleran luar biasa. Bahkan Anda perlu untuk mencobanya karena hanya ada di Indonesia saja. Nah, berikut ini beberapa diantaranya:

1. Gohu ikan dari Ternate, Maluku Utara.

Padahal ini olahan seafood yang cukup sederhana, namun menjadi ciri khas dan patut untuk dicoba. Sajian ikan dengan bumbu mentah lalu disiram dengan minyak tumisan bumbu, nikmat. Jangan khawatir, rasa amis tidak akan Anda temui karena memang sudah dihilangkan dengan bumbu olahan.

2. Rendang lokan dari Padang, Sumatera Barat.

Umumnya orang mengenal rendang hanya dari daging sapi pilihan, namun ini cukup berbeda. Kerang lokan yang dikenal sebagai salah satu jenis seafood ternyata bisa diolah dengan bumbu rendang, bahkan justru lebih nikmat karena berbagai rempah pilihan Indonesia.

3. Sotong pangkong Pontianak, Kalimantan Barat.

Beberapa orang sudah tidak asing dengan sotong? Ya, ini bisa menjadi olahan yang nikmat apalagi menjadi ciri khas ramadhan didaerah Pontianak. Umumnya olahan bisa ditambah dengan sampal kacang yang memberikan kenikmatan tambahan.

4. Gonggong rebus dari Kepulauan Riau.

Keong laut menjadi bahan utama dalam olahan seafood yang satu ini, meskipun sederhana namun rasanya luar biasa. Dimasak dengan bumbu pilihan, sebelumnya ditaburi dengan garam dan jahe.

5. Cakalang fufu dari Manado, Sulawesi Utara.

Rasa gurih-gurih pedas menjadi ciri khas pada masakan yang satu ini, umumnya menggunakan bumbu berbagai macam. Suwiran daging ikan dengan rempah dan nasi panas cukup menggugah selera makan Anda.

Kesalahan Mengolah Seafood

Beberapa olahan diatas memang terlihat sederhana, namun Anda bisa merasakan rasanya pasti akan ketagihan. Seperti yang diketahui bersama seafood mempunyai kandungan nutrisi yang baik seperti tingginya protein, rendahnya lemak sampai dengan nutrisi lain yang menyehatkan jantung. Untuk itu baik untuk dikonsumsi sebagai salah satu jenis menu makan keluarga. Namun ketika akan mengolah seafood harus memperhatikan banyak hal. Jangan sampai melakukan beberapa kesalahan biasa namun berimbas luar biasa seperti berikut ini:

  1. Jangan menggoreng ketika wajan belum panas karena membuat ikan tidak matang sempurna.
  2. Terlalu lama memasak ikan sehingga daging hancur, satu dengan ikan lain berbeda waktu olahannya.
  3. Tidak mengetahui durasi memasak masing-masing seafood seperti udang, ikan, kerang dan lainnya.
  4. Pemberian bumbu atau garam terlalu banyak dan memasak terlalu lama sehingga nutrisi hilang.

Apapun jenis seafood yang akan Anda jadikan sebagai menu keluarga, tetap pastikan memilih jenis yang berkualitas baik. Entah itu berbagai jenis ikan, kerang, udang ataupun yang lain karena jika berkualitas sudah dipastikan nutrisi didalamnya juga baik. Nah, belanja saja di TaniHub yang menyediakan beragam jenis seafood pilihan berkualitas baik untuk dijadikan dalam berbagai olahan. Tidak perlu khawatir, karena hampir semua jenis ada. Yuk, pesan di TaniHub sekarang! Tinggal pesan, bayar dan langsung diantar kerumah Anda.