Inilah Alasan Banyak yang Pilih Pinjaman dana cepat cair

Sebagai negara berkembang kondisi ekonomi masyarakat yang ada di Indonesia kebanyakan masih dalam kelas menengah ke bawah. Sehingga tidak heran jika seandainya ada begitu banyak diantara masyarakat yang memiliki masalah keuangan di tengah pandemi virus Corona seperti sekarang ini. apalagi memang di kala resesi ekonomi. Namun juga tak perlu khawatir mengingat ada begitu banyak lembaga keuangan yang menawarkan solusi pinjaman, tak hanya dari bank saja, melainkan juga ada tawaran pinjaman dana cepat cair. Istilah yang tentunya sudah tidak asing bagi Anda bukan.

Fintech ini memang termasuk lembaga keuangan berbasis teknologi yang ada di Indonesia. Hingga sekarang ini bahkan jumlahnya begitu banyak. Nantinya Anda bisa pilah-pilih lembaga fintech manakah yang terbaik untuk dijadikan sebagai pilihan. Mengingat tidak semuanya menjamin keamanan. Justru lebih banyak diantara lembaga keuangan ini yang termasuk bodong atau istilah lainnya adalah fintech ilegal. Meresahkan karena memang keberadaannya memperdayai nasabah dengan menawarkan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan pinjaman. namun pada akhirnya menjerat dengan bunga yang tidak masuk akal.

Untuk itu harus lebih selektif dalam menjatuhkan pilihan sehingga nantinya Anda tidak akan menyesal. Berbicara mengenai banyaknya masyarakat yang justru memilih mengajukan pinjaman uang lewat fintech ini sebenarnya juga bukan tanpa alasan, berikut ini diantara penyebabnya, yaitu:

  1. Mudah, kemudahan memang jadi alasan utama mengapa masyarakat memilih meminjam uang secara online. Karena memang mereka tidak dituntut untuk datang secara langsung ke lembaga keuangan yang bersangkutan, melainkan pengajuannya tersebut bisa dilakukan online berbasis perangkat teknologi yang dimiliki yaitu smartphone. Cukup dengan mendownload aplikasinya saja dan diinstall.
  2. Tidak perlu jaminan, produk pinjaman semacam ini mirip dengan KTA atau istilah lainnya adalah Kredit Tanpa Agunan dari bank. Dimana nantinya Anda bisa mendapatkan uang pinjaman secara lebih mudah tanpa harus menyertakan jaminan dalam bentuk apapun, cukup dengan melengkapi form yang diminta saja. Berbeda dengan produk KTA dari bank yang begitu ribet syaratnya, bahkan calon nasabah harus memiliki kartu kredit yang diterbitkan oleh bank tersebut minimal 1 tahun.
  3. Prosesnya cepat, sangat cocok bagi yang tengah membutuhkan dana darurat, karena faktanya memang Anda bisa mengajukan uang pinjaman tersebut secara mudah. Hanya dalam jangka waktu beberapa jam saja setelah di approve maka nantinya uang akan langsung cair ke rekening. Untuk kebutuhan yang sifatnya urgent maka ini sangat cocok dijadikan sebagai pilihan.
  4. Kemungkinan diterima juga tinggi, mengajukan pinjaman ke bank tak hanya ribet, melainkan kemungkinan permintaan kredit akan disetujui oleh bank tersebut juga terbilang kecil. Berbeda halnya dengan lembaga keuangan online. Kemungkinan permintaan kredit Anda disetujui sangat besar, apalagi untuk fintech baru yang masih mencari nasabah.

Selektif dalam memilih nominal uang pinjaman yang dibutuhkan, jangan berlebihan karena nantinya akan memberatkan di dalam pengembaliannya. Pinjaman dana cepat cair ini plafonnya berbeda-beda antara satu lembaga dengan yang lainnya, mulai dari 1 juta rupiah sampai dengan puluhan juta rupiah. Namun sekalinya mengajukan pinjaman maka jadikan debitur yang kooperatif, membayar cicilan tepat waktu. Pastikan bahwa lembaga yang Anda jadikan sebagai pilihan untuk mengajukan kredit ini terpercaya, yaitu sudah terdaftar dalam OJK, sehingga keamanan juga lebih terjamin. Apalagi sekarang banyak fintech yang masih belum terdaftar OJK.