Ini Dia Daftar Mobil Di Bawah 200 Juta Rupiah

Mobil di bawah 200 juta rupiah masih banyak dicarai mereka yang berencana beli mobil baru murah tahun ini. Bila kamu salah satunya yang mencari mobil di bawah 200 juta rupiah, itu artinya kamu butuh informasi seputar kendaraan tersebut.

Tapi, perkara beli mobil baru murah jelas gak sesederhana seperti belanja barang ya! Jenis dan merek mobil yang dibeli tentunya harus sesuai dengan kebutuhan kita dan sesuai dengan bujet juga.

Jangan sampai kita membeli mobil yang harganya terlalu mahal, sehingga kita harus memaksakan diri untuk kredit.

Buat kamu yang pengin cari mobil di bawah 200 juta rupiah, masih banyak kok opsi yang bisa dipilih. Segmennya tentu saja terbatas, tidak selengkap kalau bujet yang kamu siapkan Rp500 juta misalnya. Kalau kamu mengedepankan fungsi, maka mobil di bawah 200 juta rupiah sudah oke banget.

Segmen mobil di bawah Rp200 juta
Apa saja segmen yang ditawarkan dengan bujet di bawah Rp200 juta? Yang terbanyak tentu mobil murah ramah lingkungan alias LGCC.

Mobil LGCC memang dibanderol berharga miring sehingga bujet Rp200 juta tentu sudah sangat cukup bagimu. Setelah LGCC, segmen yang tersedia dengan bujet murah adalah city car, LSUV, dan low multi objective vehicle (LMPV).

Dikutip dari Kompas.com, pada tahun 2020 ini masih ada agen pemegang merek (APM) yang menawarkan MPV dengan harga di bawah Rp200 juta.

Begitu juga dengan SUV, masih ada beberapa APM yang menjualnya dengan harga di bawah Rp190 juta. Tapi, variannya tidak banyak karena masih entry degree dengan transmisi manual.

Memang kalau bicara bujet di bawah Rp 200 juta, maka pilihan terbanyak ada pada LGCC dan city automobile. Variannya lengkap dari yang tipe terendah, menengah, sampai yang tertinggi. Tinggal sesuaikan dengan bujet maksimal kamu.

Mobil di bawah Rp200 juta 4 seater

Mobil four seater yang paling favorit, dengan bujet di bawah Rp200 juta, tentu saja LGCC. Dalam memilih LGCC kamu perlu perhatikan tipenya, beberapa tipe terendah masih belum dilengkapi AC.

Nah, untuk mobil four seater di bawah Rp200 juta ini pilihannya lumayan banyak, ada Daihatsu Ayla dengan harga di kisaran Rp100 jutaan, Honda Biro dengan harga Rp130 jutaan, Toyota Agya dengan harga sekitar Rp150 jutaan, sampai Daihatsu Sirion dengan harga Rp191 jutaan.

Mobil di bawah Rp200 juta 5-7 seater
Dengan seater di atas four, maka pilihan mobil di bawah Rp200 juta akan semakin luas. Jumlah kursi penumpang yang lebih banyak juga membuat kabin lebih lega.

Tentunya, jenis ini cocok bagi kamu yang memang berniat membeli mobil untuk bepergian bersama keluarga.

Pilihan yang tersedia di pasaran ada Honda Mobilio yang dibanderol dengan harga Rp193 jutaan, Toyota Calya seharga Rp134 jutaan, Daihatsu Sigra Rp108 jutaan, Daihatsu Xenia Rp190 jutaan, Suzuki Karimun Wagon R dengan harga Rp193 jutaan. Daihatsu Luzio seharga Rp175 jutaan, hingga Toyota Avanza Rp197 jutaan.

Pilihan mobil di bawah Rp200 juta
Buat kamu yang punya bujet di bawah Rp200 juta tapi gak mau beli mobil murah ramah lingkungan (LCGC), mungkin mobil-mobil ini bisa dilirik. Harganya memang di atas Rp150 juta, tapi gak ada satupun yang berkisar di nominal Rp200 jutaan.

Selain itu, mobil-mobil di bawah ini adalah mobil penumpang ya, bukan mobil niaga seperti single cabin, pick up, atau blind van.

Penasaran? Yuk simak harga mobil baru 2019 di bawah ini yang harganya di kisaran Rp150-Rp200 juta.

1. Toyota Avanza – Rp202,2 juta

Belum lama ini, Toyota Astra Motor merilis Avanza keluaran terbaru yang penampilannya jauh lebih segar dari pendahulunya. Avanza baru ini memang jauh lebih mewah karena mengadopsi desain lampu depan ala Toyota Voxy.

Mobil andalan Toyota ini memberikan dua pilihan mesin, yaitu 1.500 cc Dual VVT-i dan 1.300 cc. Tapi jika kamu ingin membeli yang Rp 188 juta, kayaknya kamu bakal dapat yang 1.300 cc. Tertarik?

2. Daihatsu Grand New Xenia – mulai Rp198 juta
Nah, selain Avanza, jika kamu ingin versi yang lebih murah sekitar Rp5 jutaan, maka pilihan keduanya adalah saudara kembarnya. Apalagi kalau bukan mobil baru murah Grand New Xenia.

Harga mobil baru Xenia ini memang jauh lebih murah, terutama yang versi X guide. Bahkan, untuk yang X Deluxe manual, juga masih bisa kamu beli di bawah Rp200 juta.

three. Daihatsu Sirion – mulai Rp200 juta
Semua varian dari Daihatsu Sirion ada di bawah Rp200 juta. Untuk yang versi guide Rp187 juta, sementara itu yang matic Rp198 juta.

Mobil ini menggendong mesin berkapasitas 1,three liter yang sangat irit bensin. Mesin itu berkode 1NR-VE yang merupakan mesin Toyota. Maklum saja, Daihatsu sendiri masih berada di bawah payung Toyota.

Kabarnya, tenaga maksimal yang bisa dihembuskan oleh City Car ini mencapai 95 tk. Kabin Sirion versi terbaru juga sangat lega. Sementara itu, kapasitas bagasinya mencapai 225 liter.

Desain Sirion pun cukup ciamik buat kategori metropolis automotive. Selain terlihat sporty dan dinamis, desain mobil baru murah ini juga cukup menarik.

4. Daihatsu Luxio – mulai Rp203,7 juta
Pengin punya Alphard tapi bujet belum kesampean? Beli Daihatsu Luxio aja, irit bensin pula karena cuma 1.500 cc dan punya interior lega.

Dengan uang sebesar Rp189 jutaan, kamu bisa membawa pulang Luxio tipe manual. Kalau mau yang matic ya sudah Rp200 jutaan harganya.

Selain lega dan irit bensin, Luxio terkenal sebagai mobil yang murah dalam hal perawatan. So, gak salah kan kalau jadi pilihan.

5. Suzuki Ertiga – mulai Rp205 juta
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah meluncurkan Ertiga varian terbaru tepat pada tahun 2018. Asyiknya, Ertiga itu pun masih bisa kamu beli di bawah Rp200 juta lho. Akan tetapi, varian yang kamu dapatkan adalah varian guide.

Kalau mau yang matic ya risikonya harus merogoh kocek Rp200 jutaan ya.

Suzuki New Ertiga menggendong mesin berkode K15B 1,5 liter (1.462 cc) empat silinder. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 104,7 Ps di 6 ribu rpm, dan torsi maksimal 138 Nm di four.400 rpm.

6. Suzuki Ignis – mulai Rp171 juta
Harga mobil baru Suzuki Ignis juga masih tergolong murah. Versi termahalnya pun Rp180 jutaan alias gak sampai Rp200 juta. Sejauh ini, Ignis kerap disebut-sebut sebagai rivalnya Honda Brio karena kapasitas mesinnya sama.

Ignis menggunakan teknologi VVT dan Multipoint Injector. Baik I-VTEC maupun VVT Multipoint Injector sama-sama berguna buat mengatur pengapian biar konsumsi bahan bakar lebih irit.

7. Suzuki APV Arena – mulai Rp190 juta
Buat yang pengin mobil van yang asyik dipakai jalan-jalan bareng keluarga dan irit, maka APV bisa jadi alternatif.

Sejatinya, APV sendiri sudah hadir lama di pasar Indonesia. Dengan harga Rp185 juta, kamu bakal mendapatkan mobil ber-cc 1.490 ini dengan transmisi manual, bukan blind van lho ya.

eight. Honda Mobilio – mulai Rp203,four juta
Harga mobil baru Honda Mobilio 2019 juga masih ada yang di bawah Rp200 juta. Sama seperti yang lain, varian termurahnya tentu adalah yang bertransmisi manual.

Low MPV ini diciptakan Honda untuk membunuh Avanza yang kian laris manis. Honda Mobilio menggunakan mesin berkode L15Z1 yang hampir sama dengan mobil Honda City produksi tahun 2014. Tenaga yang dihasilkan mesin mobil Mobilio adalah sebesar 118 PS pada 6.600 Rpm dengan torsi maksimal sebesar a hundred forty five Nm pada four.600 Rpm.

9. Honda Brio RS – Rp184 juta
Kalau lihat harga mobil baru Honda Brio memang ada yang di harga Rp139 jutaan, tapi lain halnya dengan yang RS.

Satya dan RS memang serupa tapi tak sama. City automobile 1.200 cc ini punya perbedaan di fitur audio dan warna untuk versi eksklusifnya. Mobil ini menggendong mesin i-VTEC 1.199 cc dengan bahan bakar bensin. Sementara itu, tenaga maksimalnya di 88,7 Tk dan torsi maksimalnya di 110 Nm.

10. Mitsubishi Mirage – Rp173 juta
Lagi-lagi, di segmen city automobile, kita bakal menengok metropolis carnya Mitsubishi. City automobile ini punya keunggulan tersendiri karena telah mendapat skor yang baik dalam uji tabrakan NCAP.

Akan tetapi, kekurangan mobil ini ada pada harga jual bekasnya yang anjlok. Kira-kira, tertarik beli baru atau bekasnya saja nih?

eleven. Nissan March – Rp185,8 jutaan
March juga masuk dalam kategori metropolis automobile yang irit dalam konsumsi bensin. Kabarnya, konsumsi bahan bakarnya mencapai 21 kilometer per liter. Kalau klaim itu memang benar, berarti March lebih irit daripada Sigra maupun Calya lho.

Mobil berkapasitas 1.198 cc ini juga cukup bertenaga. Desainnya pun cukup pas buat mereka yang berjiwa muda.

12. Wuling Confero 1.5C – Rp167,5 juta
Harga mobil baru buatan Cina ini juga gak ada yang menyentuh Rp200 jutaan. Bahkan, kamu pun bisa membeli Confero di bawah Rp150 juta.

Semua tipe Wuling Confero 1.5 dipasangi mesin 4 silinder DOHC, DVVT dengan kapasitas 1.485 cc. Sistem bahan bakarnya menggunakan direct injection. Selain itu, ada spesifikasi yang lain, seperti: dual SRS Airbag, Electric Parking Brake, Hill Hold Control, dan lainnya.

Akan tetapi untuk versi Rp159 juta tentu fiturnya lebih oke daripada yang termurah.

13. Wuling Cortez – mulai Rp209,3 juta
Masih di Wuling, tapi sekarang kita akan menengok Cortez yang sempat disebut sebagai saingannya Innova. Cortez juga dipasangi mesin four Silinder DOHC, DVVT dengan kapasitas 1.485 cc. Sistem bahan bakarnya menggunakan sistem Multi Point Injection atau MPI.

Akan tetapi, Wuling Cortez punya dimensi panjang 4.870 mm, lebar 1.816 mm dan tinggi 1.755 mm. Buat kapasitas penumpang, Wuling Cortez kalah dibandingkan Wuling Confero. Namun, fitur keamanan Cortez lebih mumpuni ketimbang Confero.

Itulah daftar harga mobil baru murah di bawah Rp200 juta yang bisa kamu pilih tahun ini. So, adakah yang jadi incaranmu? (Editor: Chaerunnisa)