Ketika kamu sedang berpuasa, godaan terberat adalah menahan haus. Kenapa? Karena 60-70% tubuh manusia terdiri dari air dan mengeluarkan kurang lebih satu liter air tiap harinya. Jumlah air yang harus dikonsumsi setiap harinya sekitar 2-2,5 liter (8-10 gelas) sudah termasuk dengan makan dan minum serta disesuaikan dengan berat tubuh. Wajar jika kita sangat sering merasa haus saat beraktivitas. Godaan menuntaskan haus dengan minuman dingin dan manis juga sering mampir kan? Tapi sebaiknya obati dahagamu dengan air putih saja. Selain aman dan mudah diserap tubuh, air putih juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan lain.

Menjaga keseimbangan metabolisme
Dalam proses metabolisme tubuh air membantu sebagai pelarut makanan, pembentuk cairan tubuh, dan pengatur suhu tubuh, air membantu organ tubuh melakukan tugasnya. Saat konsumsi air tak cukup, proses metabolisme akan melambat dan memengaruhi fungsi tubuh kita.

Merawat kulit tetap lembap
Perawatan kulit kini kian mahal dan beragam, padahal kalau kamu rajin minum air putih, kulitmu akan terasa lebih lembap dan kenyal. Kulit akan terlihat lebih cerah dan sehat. Minum air putih setiap harinya juga akan membuat kulitmu awet muda, mengurangi garis-garis halus pada wajah, terbebas dari kulit kering, dan mencegah penuaan dini.

Memperlancar sistem pencernaan
Asupan air putih akan membantu makanan melewati saluran cerna dan mencegah konstipasi. Ketika cairan dalam tubuh berkurang, usus akan menyerap cairan dari feses agar tidak dehidrasi. Itu akan membuatmu kesulitan buang air besar tiap harinya. Air putih yang dikonsumsi teratur membantu penyerapan nutrisi makanan yang masuk. Tipsnya, minumlah segelas air putih sebelum makan. Jangan terlalu banyak minum air ketika sedang makan karena akan membuat lambung menjadi penuh dan mengganggu proses pencernaan makanan.

Menjaga berat badan
Teratur mengkonsumsi air putih tak akan membuat beratmu langsung turun. Air berperan untuk membantu hati mengonversi lemak menjadi bahan bakar. Ketika asupan air berkurang, maka ginjal tidak akan bekerja maksimal membantu kinerja hati. Namun ketika asupan airmu cukup, lemak akan terbakar dan menjadi energi bagi tubuhmu. Lemak yang tersimpan dalam tubuh dan tak terbakarlah yang menyebabkan bertambahnya berat badan. Dengan rajin minum air putih dalam jumlah yang cukup, lemak akan mudah luruh dan menjaga berat badanmu tetap stabil, serta dapat mengurangi rasa lapar.

Membantu detoksifikasi
Banyak racun yang masuk ke dalam tubuh, mengendap dan bisa menjadi penyakit. Air membantu proses detoksifikasi tubuhmu, membuang sampah dan mengeluarkan sisa racun dalam sistem tubuh kita. Dengan detoksifikasi air putih yang teratur, penyakit ringan maupun berat akan jarang datang karena fungsi tubuh bekerja dengan baik.