Hitung-hitungan dengan Kalkulator KPR, Perhatikan Hal Ini Sebelum Kredit Rumah!

Tentunya banyak diantara Anda yang punya goals atau tujuan untuk bisa membeli rumah sendiri, bahkan sebelum berumah tangga. Sehingga kelak ketika sudah menikah tidak akan bingung tinggal dimana. Namun harga properti khususnya rumah yang cukup tinggi membuat sebagian orang mengurungkan keinginan tersebut. Sebenarnya bukan masalah karena di zaman sekarang pembelian apapun dapat dilakukan dengan sistem kredit, termasuk juga rumah bisa dibeli dengan KPR dari bank. Coba hitung-hitung dulu dengan kalkulator KPR, nantinya membeli sistem cicilan akan terasa lebih ringan dibandingkan dengan membeli tunai bukan.

Memang pada dasarnya KPR atau yang dikenal sebagai Kredit Pemilikan Rumah ini merupakan salah satu alternatif yang banyak ditawarkan oleh lembaga pembiayaan seperti bank untuk membantu masyarakat yang ingin membeli rumah, namun uangnya masih belum cukup. Tentunya tidak semua orang dapat diterima pengajuan kreditnya, melainkan harus tetap memenuhi syarat dan juga ketentuan yang berlaku, sehingga permintaan pengajuan KPR nantinya bisa di approve.

Berbicara mengenai pembelian rumah menggunakan KPR atau sistem kredit ini, maka ada banyak hal yang patut untuk diperhatikan terlebih dahulu, yaitu:

  1. Kondisi finansial, memutuskan untuk kredit apalagi yang akan dibeli adalah rumah yang harganya tidak bisa dikatakan murah, terkadang memang akan mempengaruhi kondisi keuangan. Pertanyaannya adalah sudah sanggupkah Anda jika seandainya ingin membeli secara kredit. Berapa besar jumlah pemasukan yang dimiliki setiap bulannya, dikurangi dengan jumlah pengeluaran bulanan. Cukupkah dengan sisa uang tersebut digunakan untuk membayar cicilan rumah yang cukup besar, ditambah lagi terkadang tenornya mencapai puluhan tahun. Jangan sampai kredit rumah justru akan merusak atau menyebabkan gejolak finansial. Paling tidak jika ingin kredit harus punya penghasilan tetap dulu.
  2. Simulasi KPR, disini Anda dapat menggunakan kalkulator KPR untuk membantu menghitung simulasinya, yaitu mengetahui gambaran besar jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya disesuaikan dengan sisa hutang dan juga tenor yang dipilih. Umumnya setiap bank sudah punya kalkulator yang digunakan untuk menghitung simulasi kreditnya masing-masing.
  3. Bunga yang dibebankan, setiap produk yang ditawarkan oleh lembaga pembiayaan memang tidak ada yang gratis. Pasti Anda akan dibebani dengan bunga. Hanya saja memang besarnya nilai bunga ini berbeda-beda antara satu lembaga pembiayaan dengan yang lainnya. untuk itulah maka hendaknya Anda juga harus selektif dalam memilih, ada baiknya banding-bandingkan terlebih dahulu antara satu bank dengan yang lain. Manakah diantaranya yang menawarkan bunga paling ringan, sehingga beban hutang Anda tidak akan terlalu berat.
  4. Beban biaya lain, setiap transaksi lewat sebuah lembaga pembiayaan faktanya memang tak hanya dikenai dengan beban biaya bunga saja, melainkan masih ada beberapa biaya lainnya yang menyertai, misalnya adalah biaya administrasi, biaya tahunan, denda jika seandainya telat dalam membayar cicilan sampai dengan pinalti jika memang bank tersebut memberlakukan aturan tidak boleh melunasi sebelum jangka waktunya.

Bank BCA adalah salah satu pilihan terbaik untuk KPR Anda, mereka menawarkan fasilitas kredit dengan biaya bunga yang relatif rendah ditambah lagi dengan kemudahannya. Mengecek kalkulator KPR dari bank BCA ini juga sangat mudah karena dapat dilakukan lewat website resmi yang mereka miliki. Produk KPR mereka memang dikenal yang paling menguntungkan nasabah, namun juga ada syarat dan ketentuan yang harus Anda penuhi agar bisa mendapatkan pembiayaan untuk membeli rumah tersebut.