Cara Nabung Reksadana Sesuai Resiko

Reksadana merupakan investasi yang banyak dipilih karena mempunyai modal awal yang kecil dan dikenal dengan resiko kecil. Akan tetapi bagi yang menginginkan keuntungan yang besar juga bisa memilih jenis reksadana dengan keuntungan lebih besar, tetapi dengan resikonya adalah bisa mempunyai resiko yang juga tinggi. Sehingga cara nabung reksadana yang tepat sebelumnya perlu untuk mengetahui terlebih dahulu profil resiko dari produk atau jenis reksadana yang akan dipilih. Anda harus membekali dini dengan pengetahuan mengenai jenis investasi reksadana, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan dana yang ingin dicapai.

Profil resiko merupakan pertimbangan penting sebelum akan mengambil tabungan reksadana yang tepat. Profil resiko tersebut akan sangat membantu untuk mengetahui dan mempertimbangkan resiko yang bisa disesuaikan dengan profil yang dipunyai sebagai investor. Profil resiko tersebut bisa disesuaikan dengan tipe yang dipunyai untuk mengambil resiko yang ada di jenis reksadana. Adapun untuk tiga pilihan tipe profil resiko yang bisa disesuaikan dengan produk reksadana yang tepat adalah:

1. Tipe konservatif

Pilihan tipe pertama untuk profil resiko yang bisa diambil adalah untuk tipe konservatif atau risk averse. Untuk jenis ini merupakan yang mempunyai profil resiko rendah dan lebih baik untuk menghindari resiko. Bagi yang menginginkan untuk menghindari kerugian yang bisa didapatkan karena tidak menginginkan modal berkurang, dan juga tidak keberatan untuk mendapatkan keuntungan yang sangat rendah sangat cocok dengan tipe ini. Tipe ini biasanya akan mengambil instrumen investasi yang bisa membuatnya nyaman walaupun tidak mempunyai keuntungan yang besar dan melimpah. Akan tetapi yang terpenting adalah memilih instrumen dengan gerakan yang stabil dan bisa mencegah kerugian. Bagi tipe konservatif ini bisa memilih jenis investasi yang cocok yaitu tabungan, reksadana pasar uang, dan juga deposito. Jenis reksadana tersebut merupakan instrumen dengan pendapatan tetap dan cenderung stabil, sehingga bisa menghindari kerugian yang bisa dialami.

2. Tipe moderat

Cara nabung reksadana yang bisa diambil adalah bagi yang mempunyai tipe moderat. Untuk tipe menengah atau sedang ini mempunyai karakteristik yang masih bisa untuk menerima fluktuasi jangka pendek. Akan tetapi dengan keinginan bisa mendapatkan keuntungan lebih tinggi dibandingkan inflasi dan deposito yang dipunyai. Sehingga tidak seperti tipe konservatif yang masih tidak keberatan mendapatkan keuntungan besar asalkan tidak mengalami kerugian, tipe moderat ini masih tertarik keuntungan tinggi. Jenis yang bisa dipilih untuk tipe investor moderat adalah reksadana campuran. Hal tersebut karena reksadana campuran mempunyai resiko yang rendah tetapi masih mempunyai potensi keuntungan yang tinggi.

3. Tipe agresif

Tipe profil resiko terakhir ketika akan memilih produk investasi reksadana adalah tipe agresif. Untuk profil ini menginginkan dan siap untuk maupun rugi. Sehingga tipe agresif ini akan siap untuk mengambil resiko yang dipunyai ketika memilih produk reksadana yang ada di pasaran. Hal tersebut tentunya menyadari bahwa untuk mendapatkan keuntungan yang besar, modal besar mesti dikeluarkan yang juga mempunyai resiko dapat mempunyai kerugian lebih besar. Tipe agresif ini bisa memilih jenis investasi reksadana yang cocok dengan karakter tersebut yaitu reksadana saham. Jenis tersebut bisa memberikan keuntungan besar tetapi juga resiko kerugian yang tinggi. Produk yang bisa dipilih seperti forex, trading saham, index, dan komoditas.

Selain mengenai profil resiko yang dipunyai untuk mendapatkan pilihan produk yang tepat, Sebelum memulai investasi reksadana juga bisa memperhatikan hal lainnya yang membantu agar bisa mendapatkan kesuksesan seperti:

  • Memahami mengenai produk dan jenis reksadana sehingga bisa mendapatkan pilihan terbaik.
  • Memilih reksadana yang sesuai dengan kemampuan dan pengalaman.
  • Jangan lupa untuk membaca dan melakukan riset sebelum memberikan kepercayaan reksadana pada manajer investasi.
  • Rutin investasi sehingga bisa mendapatkan keuntungan dan bisa mahir investasi.

Untuk mendapatkan produk tabungan sesuai profil resiko seperti di atas, cara nabung reksadana bisa di Syailendra Capital dengan mudah dan aman. Cek informasi lengkapnya di https://syailendracapital.com/faq/bagaimana-cara-memulai-investasi-reksa-dana-dari-nol