Cara Mengatasi Bayi Cegukan Yang Bisa Dilakukan Para Ibu

Ternyata cegukan tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, melainkan bayi pun juga mengalaminya di saat tertentu. Keadaan tersebut tak ayal membuat orang tua merasa cemas dan khawatir. Padahal permasalahan ini tidak tergolong berbahaya serta bisa disiasati dengan sejumlah cara mengatasi bayi cegukan yang dapat dicoba oleh para ibu.

Pada umumnya bayi yang mengalami kondisi cegukan dikarenakan adanya kontraksi pada bagian diafragma. Penyebab lain adalah lantaran tertutupnya bagian korda vokalis menggunakan durasi yang cukup cepat. Dimana akibat kecepatan proses penutupan bagian tersebut inilah yang memicu hadirnya suara cegukan. Bagi yang ingin tahu, berikut tata cara untuk menangani bayi yang tengah mengalami cegukan:

1. Membantu Bayi Untuk Bersendawa

Langkah pertama yang dapat dilakukan oleh para orang tua saat si kecil mengalami cegukan adalah dengan membantu bayi supaya bisa bersendawa. Apabila tengah menyusui sementara bayi hendak bersendawa, ibu bisa menghentikan terlebih dahulu kegiatan menyusui tersebut.

Hal ini lantaran dengan melakukan sendawa bisa membantu tubuh dalam mengurangi atau bahkan menghilangkan gas berlebihan yang mungkin menjadi pemicu hadirnya cegukan. Apabila bayi menyusu secara langsung pada puting ibu, maka proses menyendawakan bayi dapat dilakukan ketika berpindah payudara.

2. Membiarkan Berhenti Dengan Sendirinya

Cara lain yang juga dapat dilakukan oleh ibu jika anaknya dalam kondisi cegukan adalah dengan membiarkannya berhenti sendiri. Dengan catatan jika cegukan tersebut tidak mempengaruhi bahkan mengganggu aktivitas bayi, umumnya cegukan tersebut bisa berhenti sendiri.

Akan tetapi jika cegukan sudah tergolong cukup parah yang ditandai dengan tidak kunjung berhenti dalam waktu yang lumayan lama, walaupun berbagai usaha sudah dilakukan. Maka ibu bisa membawa bayi pergi ke dokter untuk melakukan konsultasi. Dikhawatirkan cegukan tersebut menjadi pertanda kondisi kesehatan tertentu meski hal ini jarang terjadi.

3. Membuat Bayi Merasa Hangat

Ketika tengah dalam kondisi cegukan pada bayi, ternyata bisa menjadi salah satu hal yang mengakibatkannya merasa kedinginan. Ibu bisa menangani perkara ini dengan mematikan pendingin tambahan seperti kipas angin maupun AC.

Selain itu, ibu juga bisa menjemur bayi saat pagi hari dengan posisi gendongan yang mendekap bayi serta mengusap bagian punggungnya dengan irama yang lembut. Jika bayi dalam kondisi tertidur bisa menyelimutinya agar suhu anak menghangat.

4. Menyusui Dengan Cara Yang Benar

Ibu agaknya perlu mencoba cara mengatasi bayi cegukan kali ini sebagai bentuk usaha penanganannya. Alasan dari perlunya mencoba cara ini adalah lantaran posisi menyusui secara tepat dapat mempengaruhi keadaan bayi. Terutama pada bagian diafragmanya sehingga keadaan si kecil diharapkan bisa lebih tenang atau rileks.

Dengan kondisi semacam ini cegukan dapat secara cepat teratasi. Dari yang dijumpai dimana bayi cegukan ketika tengah menyusu salah satunya bisa disebabkan dari posisi menyusui yang kurang tepat. Untuk itu ibu perlu merupakan posisi memberikan ASI tersebut kemudian lanjutkan hingga cegukan reda.

5. Menggosok Bagian Punggung Bayi

Memberikan gosokan-gosokan kecil nan lembut pada bagian punggung bayi dianggap bisa menjadi alternatif lain guna mengatasi cegukan. Dimana kegiatan menggosok punggung milik bayi yang disertai goyangan ke arah depan maupun belakang bisa membantu bagi merasa lebih rileks. Gerakan gosokan yang bisa dicoba ibu adalah memutar guna membantu bayi dalam melepaskan udara yang kadarnya berlebih.

Demikian pembahasan mengenai 5 cara mengatasi bayi cegukan yang dapat dicoba. Umumnya orang tua merasa khawatir apabila terjadi sesuatu pada sang anak, tidak terkecuali ketika terjadi cegukan. Sebagai bentuk penanganan, ibu bisa melakukan beberapa cara di atas jika cegukan yang dialami anak masih dalam kategori wajar. Akan tetapi jika sudah tergolong parah, ibu bisa membawa anak untuk konsultasi kepada dokter.