5 Manfaat Penggunaan Thermal Blanket Untuk Keadaan Darurat

Selimut termal darurat adalah perlengkapan bertahan hidup penting yang harus Anda miliki. Mengapa? Karena fungsi selimut isolasi darurat terlalu banyak. Padahal, salah satu bahan utama thermal blanket adalah aluminium foil.

Disebut selimut termal, alias selimut termal, karena ini adalah selimut tipis yang terbuat dari lembaran plastik tidak berpori dan dilapisi dengan aluminium foil yang menyerap panas dari orang yang bersembunyi di dalamnya, membuat mereka tetap hangat.

Fungsi Dan Manfaat Penggunaan Thermal Blanket

Tahan Suhu Rendah

Bahan selimut termal adalah isolator yang baik. Hal ini memungkinkan untuk memperkuat tubuh, kantong tidur dan peralatan lainnya dalam suhu dingin. Selain sebagai selimut, kita bisa memotongnya menjadi potongan-potongan kecil.

Cermin Sinyal

Metode pensinyalan SOS ini menggunakan sinar matahari yang dipantulkan dengan bantuan permukaan cermin. Ketika menggunakan cermin pensinyalan dengan thermal blanket, lokasi dapat terlihat berkedip dari kejauhan.

Menjemur Pakaian

Jangan sekali-kali memakai pakaian yang basah, baik karena hujan atau keringat (biasanya keringat) saat berada di pegunungan atau hutan. Mengapa? Karena pakaian yang basah tersebut bisa menjadi faktor penyebab terjadinya hipotermia.

Jadi pastikan Anda mengganti pakaian kering saat pakaian Anda basah dan tahan lama. Gunakan selimut termal untuk mengeringkan pakaian Anda. Anda bisa meletakkan pakaian di atas selimut panas dan menjemurnya di bawah sinar matahari.

Pertolongan Pertama

Thermal blanket dapat digunakan sebagai perban, kompresi atau sling darurat. Anda dapat memotong selimut panas dan menggunakannya sebagai batang pengikat atau ranting untuk menopang bagian tubuh yang patah atau terkilir.

Dalam situasi ekstrem, Anda dapat menggunakan selimut termal sebagai perekat saat memeriksa. Sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pertolongan pertama saat terjadi kecelakan dan kejadian yang tidak diinginkan.

Mengumpulkan Air

memiliki fungsi yang  sama dengan mantel kelelawar/ponco. Bahannya juga tahan air, jadi dalam keadaan darurat kita bisa menggunakannya untuk mengumpulkan dan mencari air. Ini dapat mengumpulkan air hujan atau digunakan untuk teknik kondensasi.

Sekian ulasan terkait 5 manfaat penggunaan thermal blanket untuk keadaan darurat yang mungkin perlu Anda ketahui. Semoga membantu sebagai tambahan informasi menarik untuk memanfaatkan kegunaan dari thermal blanket tersebut.